Virtual Reality in era society 5.0 learning

VR dan manfaatnyaa..

Perangkat VR ber headset berbentuk seperti kacamata selam, namun dengan lensa tertutup. Bagian yang seperti kacamata selam ini dinamakan sebagai VR box, yang merupakan tempat untuk meletakkan smartphone yang berfungsi memproyeksikan gambar virtual. VR yang menggunakan smartphone ini merupakan perangkat VR versi standar.

Versi lain yang lebih tinggi adalah VR headset yang sudah menggunakan teknologi canggih, di dalamnya bukan lagi menggunakan smartphone, melainkan sudah terdapat sebuah layar yang menampilkan video dan gambar virtual reality yang juga bisa terhubung dengan komputer menggunakan bluetooth. Juga dilengkapi dengan headphone untuk menambah efek suara, serta perangkat di bagian tangan (joystick) yang tersambung dengan VR headset untuk lebih menambah interaksi  pengguna yang dapat merasakan sendiri bahwa realitas di sekelilingnya menghilang dan berganti masuk ke dalam dunia virtual. VR Op Menghasilkan gambar tiga dimensi yang membuat pengguna seolah merasakan dunia virtual tersebut benar-benar ada di hadapannya. pengguna dapat melihat gambar virtual dengan sudut pandang tak terbatas : ke samping, belakang, atas, bawah, hingga 360 derajat.

Virtual reality memiliki beberapa manfaat bagi pendidikan, antara lain

*Teknologi yang menggunakan grafik 3 dimensi, sehingga seakan-akanpengguna merasakan sensasi berinteraksi dengan lingkungan nyata

*Membantu siswa memvisualisasikan materi-materi pembelajaran abstrakmenjadi lebih mudah untuk dipahami

*Sebagai media pembelajaran yang lebih menarik dan menyenangkan.

Meningkatkan minat siswa dalam proses pembelajaran

*Meningkatkan motivasi belajar siswa*Membantu siswa dalam melakukan praktikum

*Bagi guru,  virtual reality dapat dijadikan perantara untuk mempermudah dalam hal penyampaian materi, serta dapat digunakan sebagai media pembelajaran yang dapat meningkatkan efektivitas belajar siswa.

By ekle
Pbg Kudus
Eni Kuswati Subana

Postingan populer dari blog ini

Karateristik Budaya Dalam Interaksi sosial