PELATIHAN INTERNET CAKAP


AGEN PERUBAHAN INFORMATIKA UNTUK INTERNET CERDAS, KREATIF DAN PRODUKTIF (INTERNET CAKAP) KEMENTERIAN KOMUNIKASI DAN INFORMASI BEKERJASAMA DENGAN  FORUM GURU IPS SELURUH INDONESIA (FOGIPSI) JAWA TENGAH
KAMIS 16 JUNI 2016


Kementerian Komunikasi dan Informatika meluncurkan Program Internet secara CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) sesuai dengan Program Agen Perubahan Informatika (API). “Program ini akan menjadi panduan bagi API sebagai garda terdepan untuk melakukan sosialisasi dan pemanfaatan internet secara cerdas, kreatif, dan produktif di seluruh Indonesia,” Jelas wakil Dirjem Kominfo.
Menurut Woro mewakili Menteri Kominfo, semua pihak harus bergerak serentak dan saling menjaga, mengingatkan dan melindungi masyarakat dalam pemanfaatan internet. “Menteri Kominfo mengajak kita kita bergerak serentak dan saling bahu membahu dalam menjaga, mengingatkan dan melindungi masyarakat melalui pemanfaatan Internet secara CAKAP dan BAIK,” tuturnya.
Kehadiran Internet Cerdas Kreatif dan Produktif serta buku CAKAP Bermedia Sosial semakin mengutkan langkah dan menambah daftar materi atau konten positif yang bisa dibagikan ke seluruh nusantara. “Diharapkan bahwa kolaborasi ini akan menghasilkn satu dampak positif bagi produktifitas bangsa terutama dalam kemampuannya memanfaatkan internet sebagai media kreatif dan produktif,” jelasnya.


Aplikasi Dukung Gerakan Sosio Kultural
 Telkomsel dalam Aksi internet BAIK.  mengapresiasi langkah Telkomsel untuk menekan dampak negatif Internet dengan internet BAIK, yang sejalan dengan gerakan sosio kultural Kemenkominfo yaitu program Agen Perubahan Informatika (API) yang menjadi garda terdepan dalam melakukan sosialisasi dan edukasi pemanfaatan Internet secara CAKAP (Cerdas, Kreatif dan Produktif) di seluruh Indonesia.
Direktur Utama Telkomsel Ririek Adriansyah menyatakan internet BAIK merupakan kampanye untuk menciptakan ekosistem digital yang positif dan konstruktif dengan penggunaan internet yang Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif.
Program internet BAIK ingin menanamkan semangat cyber wellness di kalangan remaja dengan memberikan sosialisasi dan edukasi penggunaan internet secara BAIK (Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif).

Penggunaan internet yang bertanggung jawab artinya memanfatkan internet secara tepat sesuai dengan norma dan etika. Aman berarti pengguna internet terlindungi dari segala potensi kejahatan dan dampak buruh dari internet. Inspiratif artinya mendorong pemanfaatan internet untuk hal-hal yang positif dalam upaya meningkatkan kualitas hidup pengguna dan orang di sekitarnya. Sementara kreatif berarti menciptakan ekosistem digital yang produktif sebagai wadah pengembangan daya cipta dan kreasi yang bermanfaat secara luas bagi masyarakat.
“Pada akhirnya kominfo juga mengajak para pemangku kepentingan untuk turut bekerjasama sehingga bersama kita semua dapat membangun aliansi strategis dalam menyebarkan pemahaman penggunaan dan pemanfaatan teknologi seluler secara Bertanggung jawab, Aman, Inspiratif, dan Kreatif”.

Dalam kegiatan itu juga dilucurkan Aplikasi Web api.id sebagai media daring untuk memonitor dan memperluas proses rekrutmen Agen Perubahan Informatika (API). Direktur Pemberdayaan Informatika Septriana Tangkary menyatakan  aplikasi itu  diharapkan akan mampu  mendorong gerakan pemanfaatan internet secara Cerdas Kreatif dan Produktif sebagai satu gerakan nasional.
Lebih lanjut Septriana menyatakan  kolaborasi pemerintah dengan sektir swasta dan LSM adalah satu bentuk praktik terbaik yang harus dibudayakan dalam mendorong pemanfaatan internet secara cerdas, kreatif dan produktif. "Sebaran Agen Perubahan Informatika (API)  akan mengoptimalkan pesan positif ini ke seluruh nusantara melalui proses getok tular/transfer ilmu dan ketrampilan," jelas Septriana Tangkary yang membidani Program Agen Perubahan Informatika dan INCAKAP.  (*ries)



Postingan populer dari blog ini

Karateristik Budaya Dalam Interaksi sosial