10 MACAM KEGIATAN PENDAHULUAN DALAM BENTUK PERMAINAN UNTUK MEMOTIVASI SISWA

10 MACAM KEGIATAN PENDAHULUAN DALAM BENTUK PERMAINAN UNTUK MEMOTIVASI SISWA





10 Macam Kegiatan pendahuluan disajikan dalam bentuk permainan sebelum KBM dimulai untuk memotivasi siswa.
Permainan ke 1

1.Bentulklah kelas menjadi 4 atau 5 tim
2.Bacalah cerita pendek tentang diri Anda buat daftar 15 sampai 20 catatan fakta tentang dari mana anda berasal..sampai  hobi Anda, dll
3.Setelah Anda membaca cerita, ajukan pertanyaan ke siswa  tentang  spesifik dari cerita Anda.
4.Tim yang menjawab sebagian benar dari pertanyan anda adalah pemenangnya
Kesimpulan : siswa akan termotivasi pada kegiatan guru selanjutnya

permainan ke 2
1.Memecah kelas menjadi 2 tim, masing-masing tim membentuk garis berderet menghadap ke papan tulis. (seperti Antri).
2. siswa di barisan pertama menulis kata, Siswa di baris berikutnya menulis sebuah kata yang dimulai dengan huruf terakhir dari kata siswa sebelumnya. Contoh budi utomo.. siswa selanjutnya harus mencari huruf O.. contoh.. organisasi .. I. Indonesia …dan selanjutnya..
3.siswa terakhir menuliskan semua kata dari siswa pertama sampai terakhir dan membacakan dengan keras.
Kesimpulan: melatih otak siswa untuk berpikir.

Permainan ke 3
1. Beritahu kelas beberapa fakta tentang diri Anda.
Hal-hal seperti … Nama, dari mana anda berasal, hobi, ulang tahun, harapan untuk semester ini.
2. Memberikan waktu kepada siswa10 sampai 15 menit untuk menulis sendiri.
3. kumpulkan kertas-kertas jawaban siswa dan tarolah jawaban di dalam topi siswa
Acak lembaran jawaban siswa
4. Mintalah siswa maju ke depan kelas dan membaca daftar mereka keras-keras.
Kesimpulan: siswa akan merasa senang mengikuti pelajaran berikutnya

Permainan ke 4  
Kalimat Tidak Beraturan
1. Bentuk kelas menjadi 2 Tim
2.Mintalah  Satu siswa dari setiap tim untuk maju kedepan  untuk menulis.
3. Mintalah siswa  Berdiri di tengah-tengah papan dan menulis kalimat campur aduk.
bromo gunung jawa timur di berada ( gunung bromo berada di jawa timur)
4. Tim lain menebak susunan kalimat yang benar
Giliran tim yang lain
Kesimpulan : dapat mendeskripsikan suatu fakta atas kejadian -kejadian

Permainan ke 5
Telepon berantai
1.Bagilah kelas menjadi 2 tim.
2.Kedua tim membentuk garis ke papan, mulai di belakang kelas.
3. Siswa yang Berdiri di belakang kelas dan berbisik kalimat pendek kepada siswa didepannya seterusnya sampai siswa paling depan.
4. Siswa di depan kelas menulis kalimat di papan tulis
Kesimpulan : melatih daya ingat siswa.

Permainan ke 6
Wisatawan
1. Mintalah pada siswa untuk menuliskan satu obyek wisata paling menarik yang pernah dikunjungi pada potongan kertas yg di berikan guru
2. Siswa diminta untuk mengumpulkan kertas jawaban tadi
3. Guru memilah milah obyek yang sama.. dan meminta kepada siswa yang menuliskan obyek terbanyak kedepan.
4. Guru meminta siswa untuk menceritakan obyek yang merea kunjungi secara bergantian melengkapi.
Kesimpulan: Mampu mendeskripsikan suatu obyek

Permainan ke 7
Hot Seat
1. Membagi  kelas menjadi 2 tim.
Tempatkan kursi di samping papan tulis, menghadapi kelas
2.Siswa pertama yang duduk di kursi Menuliskan satu kata pada kertas ( bebas namun diberikan clue yang  berkaitan dengan materi yang akan di bahas)
3.Siswa lainnya bergantian duduk di kursi untuk menebak apa yg di tulis temannya yang pertama tadi..
4.Setiap siswa memiliki 20 detik untuk menebak
Jika apa yang di tuliskan siswa pertama tertebak dialah pemenangnya.

Permainan ke 8
Pelajaran pada Lyrics
1.Memecah kelas menjadi 5 sampai 6 tim.
2. Guru Bersiaplah untuk menyanyikan sebuah lagu sendiri atau membawa pemutar musik untuk kelas. Jika Anda dapat bermain gitar dan menyannyikan lagu kebangsaan.
3.Siapkan potongan-potongan lirik lagu pada sebuah kertas yang sudah di persiapkan
3.Letakan potongan –potongan lirik tersebut di sebuah tempat dan campur adukan
4.Meminta pada masing – ,masing tim untuk menyusun lirik lagu yang anda putarkan
Kelompok yang benar diminta untuk menyanyikan lagu tersebut.

Permainan ke 9
Dua Kebenaran, Satu Kebohongan
1. Meminta kepada setiap siswa untuk menuliskan satu kalimat  kebohongan dan dua kalimat kebenaran tentang dirinya
2.Setelah mereka memahami konsep, memberi mereka 5 sampai 10 menit untuk menulis daftar mereka sendiri dari dua kebenaran dan satu kebohongan
3.Meminta siswa menuliskan di kertas yang disediakan guru
4.Beberapa siswa untuk maju ke depan kelas
Siswa lain berusaha menebak kebohongan dan kebenaran temannya.
Kesimpulan :  Untuk melatih kejujuran Melatih kejujuran.

Permainan ke 10
Family  Art
1.Minatalah kepada setiap siswa untuk membuat pohon anggota keluarga dekat  mereka
2. Tuliskan kalimat pendek tentang masing-masing anggota keluarga mereka contoh :
“Ini ibuku. Dia adalah orang yang sangat baik karena dia memperhatikan saya.
“Ini adalah saudara saya. Dia lucu karena dia menceritakan lelucon.
3.Meminta beberapa siswa untuk membacakan tentang kelucuan anggota keluarga mereka.
Kesimpulan:  siswa dapat melatih untuk mendeskripsikan tentang apa yang ketahui dengan menggunakan kalimatnya sendiri.
Catatan:
Bapak/ ibu guru mungkin akrab dengan beberapa permainan  ini yang bisa memotivasi siswa agar tidak jenuh dengan pelajaran sebelumnya atau bisa membuat siswa tertarik dengan pelajaran yang akan diterimanya.  Permainan diatas ada yang saya kreasikan sendiri. Saya pribadi pernah mencobakan permainann- permainan diatas dan mendapatkan dampak yang baik bagi siswa.  Saya harap permainan ini bisa memberi beberapa ide atau  inspirasi bagi  Bapak/Ibu Guru .  Jangan ragu untuk mengubah variabel dan tata bahasa di salah satu permainan yang sesuai dengan pelajaran tertentu. Semoga bermanfaat dan berhasil!!

Postingan populer dari blog ini

Karateristik Budaya Dalam Interaksi sosial