TUGAS GURU HEBAT

TUGAS GURU HEBAT



DESKRIPSI  GURU HEBAT DAN TUGAS GURU HEBAT.
Raden Mas Soewardi Soeryaningrat atau yang lebih dikenal dengan KI Hajar Dewantara beliau adalah Sosok lengkap, figur seorang guru, sastrawan, jurnalis dan budayawan yang luar biasa. Sosok yang Amenginspirasi setiap guru di republik ini. Beliau menanggalkan gelar kebangsawanannya hanya karena ingin dekat dengan rakyat, mendirikan Taman Siswa, peletak dasar-dasar pendidikan nasional, dan kemudian dinobatkan sebagai Bapak Pendidikan Nasional Indonesia. 

Ki Hajar Dewantara tidak pernah menginginkan gelar kehormatan walaupun gelar Bapak Pendidikan Nasional telah melekat pada namanya, beliau pun tidak mengharapkan penghormatan-penghormatan yang lain. Tetapi, karena jasanya yang tidak ternilai bagi Negara khususnya di dunia pendidikan, namanya senantiasa abadi. 
Dari paragraf diatas sosok Ki Hajar Dewantara, diharapkan dapat mengubah mindset guru hebat dan menginspirasi guru-guru di Indonesia. Mendeskripsikan kata Guru Hebat, apa yang semestinya dilakukan guru hebat??? Tugas guru hebat: 

1. Guru mampu mengondisikan siswa-siswanya untuk senantiasa mencari fenomena dari materi yang diajarkan (bukan siswa di minta untuk meghapalkan) Lalu temuan-temuan itu didiskusikan. Baik siswa maupun guru akan banyak menemukan fakta-fakta baru yang mungkin tidak diduga sebelumnya 
2. Guru yg hebat memiliki Komunikasi multi arah, guru yang memiliki komunikasi multi arah membutuhkan guru yang levelnya high class . 
3. Guru yang senantiasa belajar untuk meng- upgrade ilmunya dengan kondisi kekinian. Sehingga permasalahan yang terjadi dalam kelas bisa diatasi dengan baik. 
4. Guru hebat harus mampu mengubah paradigma dirinya menjadi guru yang bermental pengemudi, dan pendengar yang baik, bukan bermental penumpang apa lagi tukang parkir karena masalah utama guru bukan lagi soal kesejahteraan, melainkan spirit dan keteladanan. 
5. Banyak guru yang memiliki sertifikat pendidik. Walaupin demikian, perubahan yang dialami oleh sebagian besar guru saat ini nyaris baru sebatas bergeser dari guru yang kerjanya sepanjang hari ngomong di depan kelas, pergi meninggalkan kelas hanya untuk menunjukan "keterampilan" dirinya di depan komunitasnya dan mendapatkan "predikat" untuk kebanggaannya, sedikit berubah menjadi guru yang kerjanya mendemonstrasikan kewibawaan di hadapan siswa. 
6. Guru hebat adalah guru yang mampu menginspirasi siswanya jika menghadapi kesulitan bukan untuk menyalahkan bahkan menghinanya di depan guru lain. 
7. Guru hebat harus sadar sepenuhnya punya satu mulut dan dua telinga. Itu sebabnya guru tipe ini selalu berusaha menjadi pendengar yang baik dan tidak bicara sepajang waktu di kelas. 
8. Guru hebat memberi motivasi dan sedikit instruksi dan sebagai pusat kegiatan belajar-mengajar adalah murid, bukan guru. 
9.Guru hebat adalah guru yang betah di kelas ataupun harus diluar kelas itu karena harus menemani siswa-siswanya saat melakukan kegiatan pembelajaran penelitian di luar kelas maupun dilingkungan luar sekolah.
10. Guru hebat adalah jika siswa-siswanya hebat, bukan hebat memperhebat diri sendiri tapi tidak mampu menghebatkan siswanya. 

Postingan populer dari blog ini

Karateristik Budaya Dalam Interaksi sosial