PERBEDAAN PENGGUNAAN ISTILAH PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN

PERBEDAAN PENGGUNAAN ISTILAH PENDEKATAN, MODEL, STRATEGI, METODE DAN TEKNIK PEMBELAJARAN



Kadang terlihat sepele namun penting bagi guru tetapi kenyataannya masih banyak  yang salah dalam  menggunakan/menyebutkan istilah  Pendekatan, Model,  Startegi, Metode dan Teknik dalam penyusunan RPP .
Untuk itu saya mencoba menjabarkan definisi pendekatan, model, strategi, metode dan teknik.

1.Pendekatan pembelajaran, 
Pendekatan memiliki arti adalah cara pandang terhadap suatu subject matter. Misalkan cara pandang terhadap proses pembelajaran sehingga memunculkan istilah pendekatan pembelajaran (Novan Ardy Wiyani, 2013:165).
Pendekatan  merupakan  langkah awal pembentukan suatu ide dalam memandang suatu permasalahan atau objek kajian yang akan menentukan arah, menggambarkan dan mendeskripsikan untuk melaksanakan ide-ide tersebut.
Sehingga dapat disimpulkan bahwa pendekatan pembelajaran adalah Suatu langkah awal untuk memfokuskan ide atau gagasan sebagai tolak ukur mengenai bagaimana cara mengelola proses kegiatan belajar dan mendapat reaksi perilaku siswa agar dapat aktif melakukan kegiatan belajar untuk mencapai tujuan belajar yang telah ditetapkan namun masih bersifat teoritis dan   sangat general atau umum. Dilihat dari jenisnya, pendekatan pembelajaran terbagi menjadi dua jenis pendekatan, yaitu pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada peserta didik dan pendekatan pembelajaran yang berorientasi pada pendidik.
contoh jika kelas merupakan kelas siswa pandai dan kritis- analitis maka guru kemungkinan dapat memilih pendekatan scietifik. 

2. Model pembelajaran
Menurut Wikipedia model adalah gambaran sederhana yang dapat menjelaskan objek, sistem atau suatu konsep.
Model pembelajaran Menurut Slavin (2010), model pembelajaran adalah suatu acuan kepada suatu pendekatan pembelajaran termasuk tujuannya, sintaksnya, lingkungannya, dan sistem pengelolaanya.
Sehingga Model pembelajaran dapat dikatakan adalah suatu  konsep atau sistem untuk mendeskripsikan bentuk pembelajaran yang akan dilakukan dari awal sampai akhir pembelajaran yang dirancang  secara khusus oleh seorang pendidik.  Dengan kata lain, model pembelajaran adalah wadah dari pengaplikasian suatu metode, pendekatan dan teknik pembelajaran.
Namun demikian, terkadang penggunaan istilah model pembelajaran sering disamakan dengan strategi pembelajaran ( padahal berbeda)  contoh model pembelajaran cooperative, model pembelajaran aktif, model pembelaran inovatif dan lain sebagainya. Dalam kurikulum 2013 dikenal dengan menggunakan  model pembelajaran discovery, model pembelajaran Discovery _inquiry, model pembelajaran berbasis masalah,  model pembelaran berbasis project dan lain sebagainya. 

3. Strategi pembelajaran
merupakan suatu cara  yang digunakan secara prosedural  dan sistematis dalam suatu proses kegiatan belajar mengajar, dalam rangka meningkatkan kualitas hasil yang diharapkan dengan kata lain cara untuk meningkatkan hasil belajar yang lebih baik dari sebelumnya.
contoh: misalnya, jika kelas berisi siswa pandai  menggunakan pendekatan scientifik (keilmiahan) maka model yg dipakai Discovery learning dalam pelaksanaannya untuk siswa ini menggunakan strategi  mengamati  atau  mengobservasi terlebih secara individual atau berkelompok,  dan mendiskusikannya lalu menemukan suatu fakta baru yang tidak terduga sebelumnya atau dapat menggunakan strategi menjelaskan kemudian siswa memaparkan atau sebaliknya. secara teori berdasarkan jenisnya strategi pembelajaran bisa dikelompokkan ke dalam dua bagian, yaitu exposition-discovery learning dan group-individual learning. Sedangkan jika ditinjau dari cara pengolahan dan penyajiannya, strategi pembelajaran bisa dibedakan menjadi 2 macam, yaitu strategi pembelajaran induktif dan strategi pembelajaran deduktif.

4. Metode Pembelajaran 
bisa diartikan sebagai suatu cara yang pilih pendidik atau dipergunakan dalam pengimplementasian rencana yang telah disusun dalam suatu kegiatan nyata untuk mencapai tujuan pembelajaran yang optimal. 
Metode pembelajaran memiliki peran yang penting dalam proses pembelajaran, selain agar proses belajar mengajar tidak menjemukan dan siswa tidak merasa bosan,  peserta didik juga akan semakin mudah mencerna dan memahami materi dan instruksi yang diberikan. Diharapkan untuk memilih sebuah metode pendidik harus memperhatikan karakteristik peserta didik terlebih dahulu.  Pendidik dapat menggunakan metode yang ada,  beberapa metode pembelajaran yang bisa dipergunakan untuk mengimplementasikan strategi pembelajaran, yaitu metode ceramah, demonstrasi, diskusi, simulasi, laboratorium, pengalaman lapangan, brainstorming, debat dan lain sebagainya. 

5. Teknik Pembelajaran 
Teknik pembelajaran menurut T. Raka Joni (dalam Abimanyu , 2008 ) menunjuk kepada ragam khas penerapan sesuatu metode dengan latar tertentu , seperti kemampuan dan kebiasaan guru , ketersediaan peralatan , kesiapan siswa dan sebagainya. Sehingga
bisa diartikan sebagai sebuah cara yang dilakukan seorang guru dalam mengimplementasikan metode pembelajaran secara lebih spesifik. Misalkan, penggunaan metode ceramah di sebuah kelas dengan jumlah peserta didik yang terbatas tentunya secara teknis harus berbeda dengan penggunaan metode ceramah di kelas dengan jumlah peserta didik yang banyak. 

Nah mungkin sekian saja artikel tentang; Perbedaan pendekatan,  model, startegi metode, dan teknik pembelajaran . Kata kuncinya : Model merupakan bingkai dari pendekatan, strategi, metode dan teknik suatu pembelajaran.

Postingan populer dari blog ini

Karateristik Budaya Dalam Interaksi sosial